LOGO DAN MOTTO REDEMPTORIS



“Logo Kogregasi terdiri dari Salib dengan tombak dan bunga karang terpasang di tiga bukit/gunung; di kedua sisi dari Salib terdapat singkatan dari nama Yesus dan Maria; di atas Salib terdapat mata yang memancarkan sinar; di atas semuanya terdapat sebuah mahkota. Pada logo terdapat motto: Pada Tuhanlah Penebusan Berlimpah-limpah (Maz 130: 7)” Statuta Redemptoris, No. 06.
Mengenai Logo:
Bagi orang Kristiani Salib adalah gambaran dan tanda kasih Allah yang menyelamatkan. Cinta Allah yeng menyelamatkan tersebut nyata dalam  kehidupan, kematian, kebangkitan dan kenaikan Yesus ke Surga dan karya Roh Kudus yang dikaruniakan kepada kita semua. Salib merepsentasikan kepenuhan misteri Allah.
Bunga karang disebutkan dalam Injil Yohanes. Perwira Romawi mencelupkannya ke dalam cuka dan memberikannya kepada Yesus. Bunga karang adalah tanda kehausan Kristus untuk mengumpulkan seluruh umat manusia kepada Allah.
Tombak juga disebutkan dalam Injil Yohanes. Bagi orang Kristiani, tombak adalah tanda kepenuhan cinta Kristus seperti darah dan air yang mengalir dari  lambungnya ketika Dia ditusuk dengan tombak.
Tiga bukit/gunung mewakili bukit/gunung yang muncul dalam peristiwa-peristiwa besar dari sejarah keselamatan. Tiga bukit itu adalah, Sinai, Tabor dan Kalvari
Mata dan sinar yang memancar keluar adalah simbol yang menggambarkan kehadiran Allah dalam seluruh ciptaan.
Mahkota adalah simbol yang menggambarkan kekuasaan Allah dan era baru dari keadilan yang dihadirkan oleh Allah.
Ranting Zaitun menggambarkan pilihan Kristus  bagi kemanusiaan di tengah-tengah pohon Zaitun taman Getsemani.
Ranting Palma adalah tanda yang menggambarkan sambutan (eluh-eluhan) yang diberikan kepada Yesus ketika memasuki Yerusalem.
Mengenai Motto:
Moto Redemptoris adalah “Copiosa Apud Eum Redemptio” atau “Pada Tuhanlah Penebusan Berlimpah-limpah” yang diambil dari Mazmur 129:7.
“Mengikuti St. Alfonsus, Bapa Pendiri, Sentralitas Kristus sebagai misteri dari belas kasih Allah  harus selalu diutamakan dalam seluruh karya pastoral. Redemptoris harus senantiasa (tanpa henti-hentinya) mewartakan Penebusan yang Berlimpah-limpah, terutama kepada mereka yang sangat membutuhkan penyembuhan dan pembebasan  dari dosa”Paus Yohanes Paulus II.


Komentar

Postingan Populer