Summertime Sadness



Sunburn
Summertime Sadness adalah judul lagu yang saya dengar beberap hari ini, lagu ini dinyanyikan oleh Lana Del Rey dan telah dicover oleh beberapa penyanyi ternama seperti Miley Cyrus dan dibawakan dengan sangat apik. BTW, di sini saya tidak akan membahas lagu tersebut, saya hanya mau berbagi kisah tentang summertime di New Zealand dan pengalaman saya yang kurang mengenakkan tentang summertime.

Berbeda dengan indonesia, bulan Desember hingga April merupakan saat di mana NZ mamasuki musim panas. Musim panas yang bersamaan dengan libur panjang sekolah serta libur Natal dan tahun baru adalah kesempatan di mana banyak orang berlibur dan mengahabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Biasanya dengan mengunjungi tempat-tempat wisata atau BBQ-an di pantai dan taman-taman umum.

Salah satu aktivitas favorit adalah berjemur di pantai sembari membaca buku, mendengar musik, BBQ bersama teman dan keluarga, atau hanya menikmati waktu pribadi sambil menikmati snack, sebotol bir atau wine. Ini juga adalah musim di mana banyak orang beramai-beramai untuk memancing, satu kegiatan favorit saya waktu SD hingga SMP. Satu yang pasti musim panas adalah kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang tinggal di New Zealand. Jika musim dingin masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan indoor, maka musim panas adalah waktu untuk kegiatan-kegiatan outdoor.

Selama musim panas, warga selalu diingatkan untuk mengenakan sun block, semacam body lotion untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Seorang guru dalam sebuah kesempatan mengatakan untuk tidak boleh percaya pada matahari di New Zealand, meski berangin dan berawan namun tidak demikian adanya, sinar matahari di sini sangat berbahaya,  hal ini tidak lepas dari fakta bahwa lubang ozon tepat berada di atas New Zealand, paparan langsung sinar matahari ini seringkali menyebakan sunburn bahkan tidak jarang menyebabkan kanker kulit.

Untuk itu, sebelum beraktifitas di luar ruangan kita harus memastikan untuk mengenakan pelindung, baik itu sunblock, jaket atauapun topi dan kaca mata kalo tidak mau kulit kita terbakar. Contohnya, hari ini saya berjalan kaki sdari Glendowie ke Auckland city, kira-kira 6-8 KM dengan hanya mengenakan kemeja lengan penjang tanpa mengenakan sunblock. Awalnya saya berpikir bahwa kulit saya sudah terlindungi, dan memang nampaknya saya tidak akan mendapatkan sunburn, ternyata dugaan saya keliru, ehh...malam harinya baru terasa dan kelihatan, kulit leher dan sekitarnya terasa sedikit panas dan beurbah kemerah-merahan, rupanya saya terkena sun burn, baru ingat ternyata bagian itu yang tidak terlindungi.

Pengalaman hari ini jadi guru terbaik: lain kali kalo jalan harus ingat pake sunblock, biar kulit tidak hangus. Pengalaman hari juga membenarkan kata-kata guru saya, meski nampaknya sejuk dan tidak terlalu panas namun sengaan matahari New Zealand sangat berbahaya, itulah fakta tentang sinar matahari di sini. Beda dengan NTT, matahari Loura, Waingapu atau Larantuka boleh lebih panas namun tidak sampai menyebabkan sunburn apalagi yang namanya kanker kulit, paling-paling hanya menyebabkan dehidrasi karena panas yang sangat.

Komentar

Postingan Populer