Workshop Frater-frater Redemptoris




“Banyak teori dan buku yang berbicara tentang kepemimpinan (leadership), semua teori dan buku yang ada menjelaskan dengan sangat bagus makna dan arti kepemimpinan, namun yang sulit adalah bagaiman mengaplikasikan teori-teori tersebut dalam rana konkret” demkian dikatakan oleh P. Michael dalam workshop Frater-frater Redemptoris (CSsR) Komunitas Wisma Sang Penebus Yogayakarta. Workshop dengan tajuk “Leadership In Faith Community” (Kepemimpinan dalam Komunitas Kaum Beriman)  ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 9 hingga 12 Januari 2013. Kegiatan yang diikuti oleh 46 frater dan formator ini menghadirkan P. Dr. Michael A. Kellys CSsR yang berasal dari Asutralia sebagai pembicara utama.

Dalam workshop ini P. Michael menekankan pentingnya pemahaman dan  pemakanaan yang benar akan arti seorang pemimpin. Menurut beliau, pemimpin adalah orang harus senantiasa memperhatikan kepentingan dan kebutuhan mereka yang dilayani. Kepentingan mereka yang dilayani harus didahulukan. “Melayani, pertama-tama berarti meyakinkan bahwa orang yang dilayani mendapatkan prioritas tertinggi” ujar Pastor Michael.  Seorang pemimpin juga harus mampu mambawa kelompok atau komunitasnya kepada sebuah masa depan yang cerah. “Kemajuan dan perkembangan yang dialami oleh anggota komunitas baik itu dalam lingkup Gereja dan masyarakat menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan seorang pemimpin” Ujar P. Michael. 

Seorang pemimpin adalah  Role Model bagi orang-orang yang dilayani. Sebagai suri teladan, seorang pemimpin harus mampu bertutur dan bertindak secara bijaksana. “Seorang pemimpin harus bertindak secara jujur dan bertangungjawab karena menjadi sosok yang sangat berpengaruh. Tutur kata dan tindakan seorang pemimpin akan berefek pada mereka yang dipimpin”. Beliau juga menekan pentingnya seorang pemimpin terbuka dan mengembangkan kerja sama dengan kelompoknya. “Keterbukaan dan kerja sama yang tumbuh dalam kelompok akan semakin memperkaya kelompok dan membawa kelompok pada sebuah kemajuan” tandas P. Michael.

Komentar

Postingan Populer